Apa Itu Arsitektur dan Unsurnya?

Apa Itu Arsitektur dan Unsurnya?

Sebagian besar dari Anda sudah kerap mendengar kata arsitektur. Namun, tahukah Anda apa itu arsitektur? Jika Anda ingin tahu lebih jelasnya dan paa saja unsurnya, simak informasi berikut ini ya.

Apa itu Arsitektur?

Arsitektur merupakan praktik atau seni perencanaan atau perancangan dan pembangunan strutur dan konstruksi suatu bagunan. Jadi, arsitektur mencakup mengenai merancang hingga membangun bangunan kecil atau pun besar seperti mall, perumahan bahkan jembatan. Sedangkan seseorang yang merancang skema tersebut disebut dengan arsitek.

Ruang Lingkup Arsitek

Dalam dunia kerja, arsitek ini bisa bekerja sama dengan pihak lain seperti penyedia jasa desain interior. Walaupun begitu, menurut Ikatan Arsitektur Indonesia ada tugas dan ruang lingkup dari arsitek yang harus diketahui oleh setiap arsitek. Tugas dan ruang lingkup tersebut adalah:

Apa Itu Arsitektur dan Unsurnya?
Apa Itu Arsitektur dan Unsurnya?
  • Membuat konsep rancangan dengan memeriksa seluruh data dan informasi terlebih dahulu. Kemudian baru membuat analisis dan mengolah data yang ada.
  • Membuat skematik desain atau pra rancangan dimana arsitek akan menyusun pola dan gubahan  dalam gambar sesuai dengan konsep rancangan yang sudah disusun.
  • Pengembangan rancangan dilakukan ketika gambar rancangan awal disetujui oleh pengguna jasa atau klien. Jika sudah disetujui, maka Arsitek akan mengembangkan rancangan yang meliputi sistem konstruksi dan struktur dari bangunan, bahan yang digunakan hingga estimasi biaya.
  • Pembuatan gambar kerja yang akan menjadi panduan bagi seluruh pihak yang terlibat dalam pembuatan bangunan, misalnya kontraktor atau pun pengawasan konstruksi.
  • Pengadaan pelaksanaan konstruksi yang dibuat oleh arsitek ke dokumen pelelangan. Dokumen tersebut harus dilengkapi dengan:
    1. Uraian rencana kerja beserta dengan syarat teknis pelaksanaan dari pekerjaan.
    2. Rencana Anggaran Biaya atau RAB. Di RAB harus dituliskan juga mengenai daftar volume atau bill of quantity.
  • Pengawasan berkala lewat peninjauan dan pengawasan ke lapangan serta pengadaan pertemuan dengan klien dan pelaksana terpadu.

Unsur-Unsur Arsitektur

Arsitektur itu sendiri memiliki 3 penggolongan utama atau unsur utama, yaitu”

  1. Unsur fisik yang berupa bentuk dan ruang. Maka dari itu, seorang arsitek tentu harus memperhatikan sistem dan struktur yang akan diterapkan dan teknologi yang akan diaplikasikan.
  2. Unsur penerimaan merupakan unsur psikologis dan arsitektur. Misalnya meliputi kenyamanan saat bangunan tersebut dihuni. Karena hal tersebut, dalam arsitektur sendiri kerap menggabungkan antara psikologis, kesan dan suatu kepuasan tersendiri baik oleh klien atau pun arsiteknya sendiri.
  3. Unsur konseptual yang meliputi konsep dari bangunan yang akan dibuat. Misalnya apakah bangunan tersebut dibuat untuk melambangkan suatu konsep tertentu atau digunakan untuk menyampaikan suatu pesan tersendiri.

Selain 3 unsur tersebut, dalam arsitektur, seorang arsitek juga akan mempertimbangkan bentuk dan estetika dari suatu bangunan. Karena hal tersebut, tak jarang bangunan juga dibangun untuk objek visual dan bisa menjadi trademark.

Jadi, sudah tidak bingung ya dengan apa itu arsitektur? Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan Anda ya.