Bagaimana Cara Membuat Minuman Kemasan Tahan Lama?

Bagaimana Cara Membuat Minuman Kemasan Tahan Lama?

Salah satu tantangan jika Anda hendak membuat suatu bisnis minuman kemasan adalah ketahanan minumannya. Minuman yang tahan lama memiliki kemungkinan kerugian yang lebih sedikit karena bisa disimpan. Untuk itu, Anda perlu tahu cara membuat minuman kemasan tahan lama seperti berikut agar bisnis Anda bisa lebih baik.

 

  • Diolah dengan Benar

 

Agar minumannya awet, maka Anda harus mengolah bahan bakunya dengan tepat dan sesuai standar yang berlaku. Kesalahan dalam pengolahan tidak hanya akan menyebabkan rasa minuman kemasan tidak enak namun juga mempengaruhi kualitas.

Baik makanan atau minuman yang diolah dengan cara yang tidak tepat akan memiliki kualitas yang rendah. Alhasil, produk kemasan tersebut tidak bisa bertahan lama bahkan saat disimpan di lemari es sekalipun.

 

  • Disimpan di Tempat yang Tepat

 

Beberapa jenis produk minuman tidak awet saat disimpan di suhu ruangan, terutama jika produk tersebut sudah dibuka. Karena hal tersebut, akan lebih baik jika Anda membeli produk kemasan, Anda harus mengecek lebih dahulu tata cara penyimpanannya. Sedangkan jika Anda membuatnya sendiri, Anda harus paham sifat minuman yang Anda simpan agar minuman kemasan lebih awet.

 

  • Perhatikan Kemasannya

 

Jika Anda merupakan seorang pebisnis minuman, desain kemasan perlu untuk diperhatikan dengan teliti. Jadi, Anda tidak hanya harus mempertimbangkan ukuran atau kapasitas kemasannya namun juga sifat kemasannya.

Maksudnya adalah, apakah kemasan yang Anda gunakan tersebut mampu untuk digunakan sebagai wadah minuman kemasan atau tidak. jika Anda sembarangan memilih bahan kemasan, maka akan menyebabkan minuman tersebut tidak bisa bertahan lama. Bahkan bisa saja minuman tersebut tumpah sebelum sampai di tempat tujuan.

 

  • Pilih Kemasan Aseptik
Bagaimana Cara Membuat Minuman Kemasan Tahan Lama?
Bagaimana Cara Membuat Minuman Kemasan Tahan Lama?

 

Untuk beberapa jenis minuman, Anda bisa menggunakan kemasan botol agar minuman kemasan tersebut lebih awet. Namun, ada beberapa jenis minuman seperti susu UHT yang lebih cocok menggunakan kemasan aseptic.

Kemasan aseptic ini terlihat seperti kemasan dengan bahan kertas biasa. Namun, di bagian dalam kemasan ini Anda bisa menemukan lapisan yang ramah pangan sehingga Anda tak perlu khawatir.

Jenis kemasan aseptic ini tidak hanya bisa digunakan untuk susu namun juga jus, teh, santan, minuman tradisional. Penggunaan jenis kemasan ini memungkinkan Anda untuk menyimpan minuman kemasan dalam kurun waktu sekitar 9-12 bulan di suhu ruangan. Namun, dengan catatan bahwa minuman sama sekali belum dibuka.

 

  • Kemasan Produk Pasteurisasi

 

Selain menggunakan kemasan yang aseptic, Anda juga bisa menggunakan kemasan produk pasteurisasi. Kemasan ini memiliki tutup di bagian atasnya. Dengan begitu, cara membuat minuman kemasan tahan lama ini juga memungkinkan Anda untuk lebih mudah meminum minuman kemasan ini.

Sayangnya, kemasan untuk produk pasteurisasi hanya bertahan sekitar 7-14 hari saja sehingga Anda wajib mengecek tanggal kadaluarsanya. Dengan begitu, minuman kemasan akan bisa dinikmati dengan aman.

Itulah beberapa cara membuat minuman kemasan tahan lama yang bisa Anda coba. Semoga bisa bermanfaat ya untuk Anda.