Manfaat dan Pengaruh Media Sosial untuk Bisnis

Manfaat dan Pengaruh Media Sosial untuk Bisnis

Media sosial pada awalnya memang digunakan untuk saling berbagi pesan, berinteraksi dan bersosialisasi. Namun, seiring dengan berkembangnya zaman, pengaruh media sosial justru semakin terlihat besar. Salah satunya adalah pengaruh di bidang bisnis.

Pengaruh media sosial untuk bisnis saat ini semakin terlihat. Buktinya, muncul media sosial yang khusus digunakan untuk beriklan seperti facebook ads, instagram ads, twitter ads, adwords hingga youtube ads.

Pada dasarnya, penggunaan media sosial untuk bisnis ini adalah agar ruang pemasarannya bertambah atau lebih luas dari sebelumnya. Anda bisa tentu bisa menjual barang ke orang yang bahkan tinggal sangat jauh dari Anda.

Manfaat dan Pengaruh Media Sosial untuk Bisnis
Manfaat dan Pengaruh Media Sosial untuk Bisnis

Jika dijabarkan, tujuan dan fungsi dari media sosial untuk bisnis adalah sebagai berikut:

  1. Media untuk mencari tahu mengenai pelanggan misalnya lewat survey atau pun analisis tertentu. Dengan begitu, Anda lebih tahu mengenai pangsa pasar Anda seperti berapa rentang usianya, kesukaan, jenis kelamin. Jika Anda tahu konsumen dengan baik, maka Anda bisa beriklan dan branding dengan lebih mudah.
  2. Membantu mencari target lebih efektif dan spesifik. Misalnya Anda mencari pangsa pasar di daerah ibu kota, maka Anda bisa memasang target iklan di Jakarta saja. Dengan begitu, penjualan bisa fokus di Jakarta.
  3. Menemukan konsumen baru lewat analisa yang Anda lakukan. Misalnya Anda menemukan bahwa konsumen Anda adalah wanita berusia 25-40 tahun. Maka Anda bisa menyebar iklan lebih banyak untuk target pasar lebih spesifik untuk wanita berusia 25-40 tahun.
  4. Memudahkan pemberian feedback dari konsumen sehingga Anda bisa menyusun strategi agar bisnis Anda berjalan dengan lebih baik.
  5. Membantu meningkatkan trafik pengunjung dan ranking website jika Anda menghubungkan antara media sosial dengan website.
  6. Memudahkan konsumen untuk mencari informasi tentang Anda.  Jadi, ketika konsumen hendak mencari tahu tentang produk Anda, konsumen hanya perlu mengecek media sosial sebelum melakukan tindakan selanjutnya. Misalnya apakah jadi membeli produk tersebut atau tidak karena harganya yang dianggap terlalu mahal.
  7. Membagikan informasi terbaru baik mengenai kondisi bisnis Anda atau mengenai produk Anda.
  8. Untuk brand awareness agar semakin banyak orang yang tahu brand dan produk Anda.
  9. Mendekatkan diri dengan konsumen. Dengan begitu, konsumen akan merasa nyaman dan menjadi pelanggan setia Anda.

Semakin Banyak Persaingan

Karena penggunaan media sosial untuk bisnis semakin banyak, tak ayal hal tersebut membuat persaingan semakin meningkat. Banyak jasa sosial media yang menawarkan untuk optimasi bisnis. Bahkan tidak sedikit pula yang menyediakan layanan tambahan misalnya pembuatan grafis yang sesuai dengan bisnis.

Apalagi saat ini, platform media sosial seperti Instagram, Facebook yang menyediakan layananan khusus untuk bisnis. Dengan begitu, bisnis akan semakin berkembang dan semakin banyak orang yang tahu mengenai bisnis tersebut.

Itulah pengaruh media sosial untuk bisnis yang wajib Anda ketahui. Jadi, apakah Anda sudah memaksimalkan penggunaan media sosial untuk bisnis Anda agar hasilnya lebih maksimal?