Pengertian Desain Interior dan 7 Prinsip Dasarnya

Pengertian Desain Interior dan 7 Prinsip Dasarnya

Pengertian desain interior harus Anda pahami terlebih dahulu terutama jika Anda hendak mempelajari lebih dalam mengenai interior. Jika Anda masih bingun memahami desain interior, simak informasi lengkap berikut ini ya.

Pengertian dari Desain Interior

Pengertian desain interior adalah cabang seni rupa yang berfokus pada perancangan ruangan pada bangunan. Desain interior juga memiliki arti proses penyusunan serta penciptaan elemen interior. Tujuannya adalah untuk membuat agar ruangan tersebut menjadi satu kesatuan yang saling berkaitan namun tetap menjaga aspek estetis, kenyamanan dan keamanan ruangan.

Prinsip Dasar Desain Interior

Pengertian Desain Interior dan 7 Prinsip Dasarnya
Pengertian Desain Interior dan 7 Prinsip Dasarnya

Dalam desain interior, terdapat 7 prinsip dasar yang harus Anda pahami dan mengerti. 7 prinsip tersebut adalah:

  • Unity dan Harmony

Desain interior harus memiliki kesatuan dimana semua elemen yang ada di dalam ruangan tersebut melengkapi satu sama lain. Dengan begitu, akan terlihat suatu kesatuan yang mampu memberikan kesan yang indah namun tetap aman dan nyaman untuk digunakan.

Elemen dalam desain interior tersebut yaitu:

  1. Lantai.
  2. Dinding.
  3. Langit-langit.
  4. Elemen estetis.
  5. Elemen bukaan.
  6. Elemen cahaya.
  • Keseimbangan atau Balance

Sama halnya seperti dalam cara membuat minuman kemasan yang harus seimbang komposisinya agar rasanya enak, dalam desain interior juga terdapat prinsip keseimbangan. Keseimbangan dalam desain interior ini mencakup 3 hal yaitu:

  1. Keseimbangan simetris yang mencakup berat visual elemen desain secara merata baik horizontal maupun vertikal. Artinya, keseimbangan Nampak terlihat di 2 sisi yang berbeda.
  2. Keseimbiangan asimetris kala berat visual elemen desain yang tidak merata di bagian poros tengah. Jenis keseimbangan ini mengandalkan visual seperti kontras, warna dan skala.
  3. Keseimbangan radial dengan elemen yang tersusun dan berpusat di bagian tengah, misalnya tangga spiral.
  • Vocal Point

Prinsip pada desain interior ini mencakup mengenai aksen yang digunakan dalam ruangan tersebut sebagai daya tarik. Misalnya Anda menggunakan jendela yang ukurannya besar, lukisan atau perapian.

  • Ritme

Ritme desain interior bisa berarti mengenai pola perulangan yang digunakan di interior ruangan tersebut. Bisa juga diartikan sebagai pergerakan terorganisir atau kontinuitas pada interior suatu ruangan.

  • Detail

Detail desain interior mencakup mengenai kelengkapan yang digunakan di ruangan tersebut. Misalnya ornamen yang digunakan di perabotan yang Anda gunakan hingga kombinasi warna pada dinding ruangan.

  • Proporsi dan Skala

Prinsip desain interior ini berkaitan dengan keseimbangan ruangan. Bahkan, skala dan proporsi ini saling berkaitan dan akan berpengaruh pada kenyamanan orang yang menggunakan ruangan tersebut.

  • Warna

Warna desain interior sangat berpengaruh pada ruang, mood dan kesan yang ingin ditimbulkan. Warna yang soft seperti pastel akan lebih memberikan kesan yang menenangkan. Sedangkan warna gelap seperti kombinasi hitam memberikan kesan elegan, bold, bahkan maskulin.

Itulah pengertian desain interior dan prinsipnya yang harus diketahui. Semoga informasi ini menambah wawasan Anda dan jangan lupa share agar makin banyak orang yang tahu informasi di artikel ini.