Syarat Membuat Logo yang Baik : Makna dan Daya Tarik

Syarat membuat logo yang baik terdiri dari banyak poin. Tunggu, sebelum kita membahas poin-poin tersebut secara rinci, mungkin Anda masih bingung mengapa logo juga memiliki syarat. Yang dimaksud dengan syarat bukanlah hukum atau peraturan tertulis dalam membuat logo. Syarat yang dimaksud di sini adalah kualitas-kualitas yang harus ada pada sebuah logo agar mencapai hasil dan tujuan pembuatannya.

Anda tentu sudah paham dengan definisi, fungsi, dan tujuan logo. Fungsi dan tujuan itulah yang harus kita capai dengan memenuhi syarat-syarat khusus. Mengabaikan satu poin saja akan mengurangi kualitas logo Anda yang menjadi hambatan dalam meraih fungsi dan tujuan organisasi. Lantas, apa saja syarat-syarat tersebut?

 

Syarat Membuat Logo yang Baik

  • Memiliki Daya Tarik

Daya tarik adalah syarat membuat logo yang baik yang mutlak dan tidak bisa ditawar. Logo harus menarik. Daya tarik bisa dicapai dengan kepekaan seni yang diwujudkan dengan kemampuan desain grafis, Menggunakan software profesional seperti Corel Draw dan Adobe Illustrator, seorang desainer bertugas untuk mendesain logo semenarik mungkin.

Menimbulkan daya tarik dalam sebuah logo pun memerlukan keahlian tersendiri. Setiap jenis desain memiliki karakter yang berbeda-beda, daya tariknya pun tidak bisa disamakan. Anda tidak bisa menerapkan teknik pembuatan desain banner ke dalam sebuah logo karena keduanya berbeda secara karakteristik. Kalau terlalu sulit, gunakan jasa logo untuk mendapatkan hasil berkualitas dengan cara praktis.

 

  • Mencerminkan Profil Organisasi

Daya tarik saja tidak akan cukup. Syarat membuat logo yang baik selanjutnya adalah makna. Membuat logo bukan semata urusan desain grafis yang hanya terfokus pada daya tarik dan estetika. Esensi dan makna dari logo yang dibuat juga harus dipertimbangkan.

Logo yang baik adalah logo yang mencerminkan profil organisasi. Tentu saja Anda harus memahami karakter organisasi Anda terlebih dahulu. Lewat sebuah logo, Anda ditantang untuk menjelaskan dan menceritakan organisasi Anda pada masyarakat. Merangkum penjelasan panjang lebar ke dalam sebuah gambar sederhana memang bukan hal yang mudah. Tapi memang itulah salah satu syarat yang harus dipenuhi.

 

  • Mudah Diingat dan Dipahami

Dalam pemasaran bisnis, ada istilah brand awareness. Istilah ini berkaitan erat dengan kualitas logo Anda. Maka syarat membuat logo yang baik adalah kesederhanaan yang mudah untuk diingat dan dipahami. Itulah mengapa logo-logo bisnis besar selalu terlihat sederhana namun tetap unik dan berkarakter.

Logo yang terlalu rumit tidak akan efektif. Masyarakat tidak akan tertarik untuk meluangkan waktu dan perhatian demi memahami makna logo yang terlihat rumit. Jadi, logo Anda harus ringkas, lugas, dan to the point. Sekali lagi, ini memang tidak mudah, tapi tetap wajib dipenuhi.

 

Syarat Membuat Logo yang Baik, Tidak Sesulit yang Anda Kira

Sekilas, tiga syarat yang kita bahas di atas memang terdengar sulit, Membuat gambar yang menarik, bermakna, representatif, sekaligus mudah diingat dan dipahami memang tidak bisa diselesaikan dalam semalam. Tapi, dengan kolaborasi yang solid antara semua pihak dan waktu yang lebih banyak untuk riset dan uji kualitas, logo yang efektif pasti bisa didapatkan.

Jika Anda sudah memenuhi semua syarat membuat logo yang baik, Anda akan merasakan hasilnya pada peningkatan brand awareness, penjualan produk, serta tingkat kepuasan konsumen secara drastis.