Tahukah Anda, Apa Itu Backlink?

Tahukah Anda, Apa Itu Backlink?

Istilah SEO dan backlink bagi sebagian orang bukanlah istilah yang baru. Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk para pemula. Banyak yang kurang tahu apa itu backlink, manfaatnya bahkan bagaimana cara mendapatkannya.

Pengertian Backlink

Jika Anda bertanya, apa itu backlink, maka Anda bisa menjawab tautan dari website lain ke website Anda. Salah satu fungsinya adalah untuk meningkatkan trafik di website Anda.

Tinggi rendahnya trafik yang Anda peroleh dari backlink tentu saja tergantung dari bagaimana kualitas website Anda.

Jika Anda membuat backlink yang berkualitas, maka kualitas website juga akan semakin meningkat. Sebaliknya, jika backlink yang Anda bangun tersebut rendah, maka kualitas website juga akan menurun.

Lantas, bagaimana jenis backlink yang berkualitas itu? Bisa dikatakan backlink berkualitas adalah backlink yang tidak berlebihan dan ditempatkan di website yang berkualitas.

Manfaat Backlink

Backlink memiliki fungsi dan manfaat seperti berikut ini:

  1. Membantu meningkatkan trafik pengunjung.
  2. Meningkatkan otoritas, kualitas dan kredibilitas website.
  3. Untuk branding.
  4. Penghubung antara visitor ke website dan mesin pencari ke website.
  5. Meningkatkan peluang penjualan jika Anda mengaplikasikannya di situs bisnis.

Jenis Backlink yang Perlu Diketahui

Jika dibedakan, backlink sendiri terbagi menjadi 2 jenis, yaitu dofollow dan nofollow. Backlink dofollow mengizinkan mesin pencari untuk melakukan crawling dan indexing. Sedangkan backlink nofollow tidak mengizinkan.

(cek: cara mendapatkan backlink)

Tahukah Anda, Apa Itu Backlink?
Tahukah Anda, Apa Itu Backlink?

Jika dijabarkan, ada banyak sekali jenis backlink, diantaranya:

  1. Blog Comment Backlink: backlink yang diletakkan di komentar dan umumnya ditempatkan di website.
  2. Link profile backlink: backlink yang ditempatkan di akun profile. Jenis backlink ini bisa ditempatkan di situs atau media sosial yang mengharuskan Anda untuk membuat profile.
  3. Contextual Backlink: backlink yang ditempatkan di konten berupa tulisan. Anda bisa menggunakan jenis konten ini di platform untuk guest blogging, forum atau platform CMS lainnya.
  4. Social bookmark backlink: backlink yang ditempatkan di platform yang memungkinkan visitor untuk menandai atau menyimpan banyak list. Misalnya Reddit, Pinterest.
  5. Blogroll backlink: backlink yang ditempatkan di sidebar blog.
  6. Document sharing backlink: jenis backlink yang ditempatkan di suatu dokumen dan kemudian mengunggahnya ke situs penampung dokumen, misalnya Google Drive.
  7. Image sharing backlink: hampir sama dengan document sharing backlink, bedanya, backlink ditempatkan di deskripsi gambar pada media sharing. Salah satu contohnya adalah di DeviantArt.
  8. Guestbook backlink: backlink di bagian halaman guest book atau contact us.
  9. Footer backlink: backlink di bagian footer website.
  10. Social media backlink: backlink yang ditempatkan di sosial media. Sayangnya, atribut tautan sebagian besar sosial media adalah nofollow. Jadi, kurang optimal untuk Anda yang ingin websitenya di-crawling dan indexing oleh Google.

Dari pengertian apa itu backlink hingga jenis backlink, semoga Anda bisa lebih paham ya. Dengan begitu, Anda bisa membangun backlink dan hasilnya lebih optimal.